Kumpulan Soal, Jawaban dan Pembahasan UP UKM PPG - Sekolah Inti

Kumpulan Soal, Jawaban dan Pembahasan UP UKM PPG 


PPG - Selamat datang di kelas online, menginjak tahun pelajaran , berikut admin sampaikan mengenai Tips lulus PPG, Kumpulan Soal, Jawaban dan Pembahasan UP UKM PPG.
Berikut ini adalah soal UP UKM PPG (Uji pengetahuan uji kompetensi mahasiswa pendidikan profesi guru) sebagaimana pengalaman pribadi pada pelakasanaan sebelumnya.

Perlu Bapak/Ibu ketahui bersama UP UKMPPG (uji pengetahuan uji kompetensi mahasiswa pendidikan profesi guru) ialah kegiatan tahap akhir yang harus dilalui mahasiswa PPG. Sebelum mengikuti kegiatan tahap akhir ini, mahasiswa PPG harus mempersiapkan diri secara mental dan pengetahuan.
Kumpulan Soal, Jawaban dan Pembahasan UP UKM PPG - Sekolah Inti
Kumpulan Soal, Jawaban dan Pembahasan UP UKM PPG - Sekolah Inti


Karena sering banyaknya mahasiswa PPG yang tidak lulus pada tahap ini, maka dari itu anda sebagai calon mahasiswa PPG perlu mengetahui beberapa tips dalam mengikuti tes tersebut.

Tips yang akan admin berikan ini ialah pengalaman pribadi admin dalam mengikuti kegiatan PPG dalajab (pendidikan profesi guru dalam jabatan) di LPTK tahun lalu, dan Alhamdulillah admin dinyatakan lulus saat pengumuman.

Bacaan ini sangat tepat bagi Bapak/Ibu guru yang saat ini akan mengikuti PPG , baik dalam jabatan maupun pra jabatan, agar mengetahui lebih dini, sehingga diharapkan dapat mempersiapkan diri dalam mengikuti kegiatan tersebut. Tulisan berikut dibuat sesederhana mungkin, mudah-mudahan dapat dipahami.

1. BERDOA
      Menurut admin, berdoa ialah faktor utama penentu kelulusan, mengapa demikian ? karena bedasarkan pengalaman admin yang juga telah dinyatakan lulus mengikuti PPG dalam jabatan, bahwa banyak teman admin yang terihat biasa-biasa saja saat proses belajar dalam ruangan atau tatap muka, namun dapat lulus UP.
     Adapula teman yang terlihat menonjol, terlihat pintar, seolah mengusai materi yang disajikan, namun pada saat pengumuman ujian teman admin dinyatakan tidak lulus.
      Maka dari itu berdoa kepada Allah SWT, Tuhan yang maha esa ialah faktor yang sangat penting, tidak terlihat namun terasa manfaatnya. Karena faktor keberuntungan memiliki peran penting dalam setiap aktifitas kita, keberuntungan dapat mengalahkan kepandaian.

2. BELAJAR KELOMPOK
        Selain berdoa, anda juga wajib belajar untuk memantaskan diri bagi doa-doa Bapak/Ibu guru. Selain belajar mandiri, anda juga perlu belajar secara kelompok.
         Bagi Bapak/Ibu guru yang telah aktif mengajar, dapat membuat kelompok kecil dalam lingkup gugus atau dalam satu wilayah, adakan pertemuan setiap minggu untuk membahas materi tertentu. Undang pengawas, instruktur atau orang yang telah sukses dalam mengikuti kegiatan PPG.
Belajar secara kelompok memiliki banyak keunggulan dibandingkan belajar sendiri seperti ;

  • Anda dapat bertukar pikiran antar sesama teman terkait satu topik pembahasan yang anda belum kuasai;
  • Anda dapat bergantian memaparkan materi di hadapan teman kelompok kalian, paparkanlah materi yang kalian kuasai. Materi pedagogik (terdiri dari 6 modul), materi profesional (sesuai bidang masing-masing), materi kepribadian dan sosial.Lebih mudah mendapatkan informasi terbaru terkait soal-soal yang akan diujikan, karena banyak teman belajar maka semakin banyak pula informasi yang dapat dikumpulkan.

3. MEMBUAT MIND MAPPING dan RANGKUMAN 
Mind mapping (Peta pikiran) berguna untuk melihat sejauh mana cakupan pembahasan sebuah materi, mind mapping juga dapat membantu anda belajar secara cepat hanya dengan melihat, mind mapping juga membantu anda lebih mudah mengingat pembahsan dalam sebuah materi.
Contoh mind mapping atau peta pikiran yang dapat Bapak/Ibu buat sendiri di laptop !


Selain peta pikiran atau mind mapping Anda juga perlu membuat rangkuman, saat anda membaca modul atau materi admin menyarankan anda mencatat bagian yang penting, dapat menggunakan bahasa sendiri, supaya anda tidak perlu lagi membaca ulang bacaan dalam modul yang begitu panjang, karena anda telah mencatat bagian yang penting atau inti sari dalam modul.
Siapkan buku khusus untuk rangkuman dan catatan penting.
4. BELAJAR MULAI SEKARANG 

Bagi anda yang saat ini masih menunggu panggilan atau telah masuk dalam daftar tunggu PPG tahun 2019, maka mulailah belajar dari sekarang, mulailah membaca modul PPG yang telah disediakan.
Belajar 1 atau 2 materi dalam seminggu sebelum diklat PPG akan mengurangi beban belajar anda nantinya, karena pada saat pelaksanaan PPG konsentrasi anda akan terpecah, antara belajar untuk lokakarya, pembuatan perangkat pembelajaran, PPL (praktik pengalaman lapangan) dan UKIN (uji kinerja).
5. MEMPELAJARI KISI-KISI

Kabar baiknya pemerintah telah memberikan kisi-kisi terkait materi yang akan di ujiankan, pengalaman admin yang telah lulus UP UKMPPG, tidak ada satu soalpun yang muncul baik pada try out maupun saat UP melenceng dari kisi-kisi yang telah ditetapkan pemerintah.
Olehnya itu, belajar dari kisi-kisi yang ada. Jika anda menguasainya maka peluang kelulusan anda terbuka lebar.
6. LATIHAN SOAL / TRY OUT
Jangan hanya sibuk atau terlena membaca modul yang begitu banyak, anda juga perlu latihan menjawab soal-soal try out atau soal UP UKMPPG yang telah dilaksanakan sebelumnya.
Latihan soal akan membantu anda mengenali bentuk soal yang muncul, jika sebelumnya anda telah mengikuti pre test PPG, maka soal UP UKMPPG level kesulitan soalnya dinaikkan satu dua tingkat


7. JAGA KESEHATAN

Menjaga kesehatan menyangkut 3 hal ; pola tidur, pola makan, dan olahraga
Mengerjakan tugas-tugas dari instruktur memang membutuhkan tenaga ekstra, setelah seharian di kampus sejak pagi sampai sore hari, tugas-tugas dari instruktur harus segera diselesaikan karena deadline yang begitu sempit, hari ini diberi tugas besok harus disetor.
Bagaimana menyiasatinya ? anda harus memiliki pola pengaturan yang baik. Sempatkan tidur jika memang anda sudah mengantuk, tak jarang teman admin yang sakit karena terlalu memaksakan diri mengerjakan tugas sampai harus begadang.
Tugas dari instruktur memang mendesak untuk diselesaikan, namun kesehatan anda jauh lebih penting demi keberlanjutan anda mengikuti kegiatan PPG.


Untuk mendownload / melihat soal UP UKMPPG  sesuai bidang anda silahkan klik pada alamat tautan yang tersemat di bawah ini:

Demikianlah artikel yang menampilkan Download soal dan jawaban UP UKM PPG  
Terima kasih semoga bermanfaat


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kumpulan Soal, Jawaban dan Pembahasan UP UKM PPG - Sekolah Inti"

Post a Comment